Kata Pengantar

Letak geografis Indonesia yang merupakan pertemuan dua jalur pegunungan api aktif dan dua alur lempeng bumi aktif menyebabkan frekuensi gempa bumi Indonesia baik tektonik maupun vulkanik cukup tinggi. Dalam tiga tahun terakhir, rata-rata terjadi 10 kali gempa setiap tahunnya yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur yang tidak sedikit termasuk bangunan.
Rancangan bangunan yang tahan terhadap gempa sangat dibutuhkan untuk beradaptasi terhadap kondisi geografis Indonesia dan meminimalisir resiko kerugian yang dialami masyarakat akibat gempa. Rancang bangun tersebut juga harus memenuhi kaidah-kaidah lingkungan sehingga bangunan atau gedung yang dibangun mendukung gaya hidup ramah lingkungan (green lifestyle). Dengan tidak memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan akan berdampak buruk bagi kehidupan bumi terutama efek rumah kaca (greenhouse effect) dan diperkirakan suhu rata-rata bumi akan meningkat sampai 2,6 derajd celcius pada tahun 2100.
Konstruksi gedung yang ramah lingkungan dicirikan dengan pemanfaatan cahaya matahari secara efektif untuk penerangan, rancangan ruang yang mengatur pendinginan alami, serta penggunaan green material guna mendukung penghematan energi untuk pencahayaan dan pengaturan suhu ruang. Rancang bangun gedung yang ramah lingkungan ini penting untuk diterapkan oleh masyarakat dan merupakan sumbangsih bangsa indonesia untuk dunia.
Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menugaskan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) ke-4 tahun 2012 bagi para mahasiswa dengan tema “Rumah Kayu Bertingkat Inovatif Tahan Gempa”. Kualitas rancangan bangunan gedung yang diajukan akan diuji oleh para ahli dari perguruan tinggi, instansi pemerintahan dan perusahaan swasta.
KBGI ke-4 2012 membidik tercapainya beberapa tujuan sekaligus. Kontes ini diharapkan dapat menjadi ajang kompetisi yang dapat merangsang kreatifitas dan memberi insentif bagi prestasi mahasiswa, menumbuhkan budaya kompetisi, serta mensosialisasikan kepedulian terhadap lingkungan melalui pengembangan rancangan gedung yang ramah lingkungan.
Mewakili seluruh pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini, kami mengundang partisipasi mahasiswa dan dukungan perguruan tinggi terhadap partisipasi mahasiswanya. Harapan kami, semoga KBGI ke-4 2012 ini bermanfaat bagi pemerintah, perguruan tinggi, para mahasiswa dan seluruh masyarakat.
Selamat Berkompetisi !

 

 

Jakarta, Mei 2012
Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Agus Subekti
NIP. 19600801 198403 1 002

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>